Pages

RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

INDEKS BUKU

Sebuah index buku dibutuhkan untuk memudahkan pemahaman arti kata yang tercantum pada halaman buku. Susunan indeks biasanya di-sort berdasarkan abjad ataupun simbol tertentu. Halaman yang berisikan kata-kata yang terindeks pun tercantum lengkap dalam susunan tersebut.
Pembuatan indeks secara manual dengan melihat satu per satu halaman buku, tidaklah efektif diterapkan pada halaman yang jumlahnya banyak. Hal tersebut masih memungkinkan untuk diatasi dengan penggunaan aplikasi Index Author. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini khusus pembuatan index yang memungkinkan penggunanya dapat menambahkan kata index dengan kriteria tertentu, misalnya panjang kata, meniadakan upper ataupun lower words, dan mendefinisikan white list ataupun black list.

Soal 1
Perhatikan kutipan indeks buku berikut!
Bachri, Sutardji Calzoum 18, 54, 63, 65, 72, 77, 93, 126, 138, 183, 184, 186, 189
Bachtiar, Toto Sudarto 26, 35, 61, 121, 132, 247
Ballada 31, 135
Orang Tercinta 31, 35, 78, 111, 164, 172
Sumilah 46, 80, 81, 230
Terbunuhnya Atmo Karpo 46, 79, 91, 111
B. Y, Tand 46
Informasi yang dapat kita peroleh di halaman 138 adalah . . . .
a. Sutardji Calzoum Bachri
b. Sumilah
c. Toto Sudarto Bachtiar
d. Terbunuhnya Atmo Karpo

Soal 2
Perhatikan kutipan indeks buku berikut!
Agusta, Leon 307
Ayatrohaedi 52, 67
Aku 41, 59, 70, 212
Alegori 135, 144,
Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212
Aliran 32, 47
ekspresionisme 40-43
imajis 46-47
impresionisme 42-47
naturalisme 32
realisme sosial 38, 40
romantik 32-35
Amuk 185, 186, 190, 194, 195

Pernyataan yang benar berdasarkan kutipan indeks di atas adalah . . . .
a. Indeks tersebut hanya memuat informasi tentang pengarang
b. Informasi tentang puisi Aku karya Chairil Anwar ada pada halaman 41, 59, 71,141
c. Informasi tentang Leon Agusta dapat ditemukan pada halaman 207
d. Informasi tentang alira-aliran dalam penulisan puisi dapat ditemukan pada sejumlah halaman.



Definisi Indeks
Pengertian Indeks :

Indeks ialah suatu daftar kata-kata penting dalam suatu buku, dimana tercantum setelah daftar rujukan sebelum lampiran-lampiran (jika ada), atau biasanya juga terdapat pada halaman akhir buku.

Fungsi Indeks :

Fungsi indeks adalah :
1. Mempermudah pembaca memahami suatu kata yang belum dimengerti.
2. Mempercepat pembaca ketika ingin menemukan suatu topik pembicaraan.


Jenis-jenis Indeks :
1. indeks subjek : adalah indeks yang merujuk pada suatu topik
contoh : K

Korupsi 28
Krisis ekonomi 30
Krisis sosial 30

2. indeks nama : adalah indeks yang merujuk kepada nama nama pengarang atau pemilik teori yang disebut dalam buku.
Contoh : A

Abraham 281
Aji 287
Anwar, Chairil 290

Dalam penyajiannya, indeks subjek juga disajikan secara terpisah (sendiri-sendiri), adapula yang disajikan menjadi satu (digabung) dengan nama indeks saja.



Membaca Memindai Indeks

Membaca cepat dengan teknik memindai (scanning) dapat memanfaatkan Indeks. Ketika membaca Indeks, kamu harus terampil, teliti dan cermat dalam mecatat isi informasi, yang terdapat pada setiap halaman yang dirujuk.

Cara memanfaatkan indeks buku.

Langkah-langkah menggunakan indeks :
1. Tetapkan subjek/ nama pengarang yang akan dicari!
2. Kemudian bukalah daftar indeks!
3. Berdasarkan petunjuk nomor halaman, segerelah mencari ke nomor halaman yang ditunjuk tersebut.
4. Dalam halaman itu, akan ditemukan subjek/ nama pengarang yang dicari, subjek itu ada yang disebut hanya di satu halaman dan ada juga yang disebut di beberapa halaman.

Indeks atau index dalam database (basisdata) serupa dengan indeks dalam buku. Di suatu buku, satu indeks memungkinkan anda untuk menemukan informasi atau mencari kata kunci tertentu dengan cepat tanpa membaca seluruh buku. Di suatu database, indeks atau index memungkinkan program database menemukan data di suatu tabel tanpa menelusuri seluruh tabel. Satu indeks di suatu buku adalah daftar kata-kata dengan angka-angka halaman berisi masing-masing kata. Satu indeks di suatu database adalah daftar data tertentu dari tabel dengan lokasi penyimpanan baris dalam tabel berisi masing-masing nilai. Indeks dapat diciptakan dimanapun suatu kolom atau suatu kombinasi dari kolom di suatu tabel dan diterapkan dalam wujud B-trees.
Satu indeks berisi masukan dengan satu atau lebih kolom (kunci pencarian) dari masing-masing baris di suatu tabel. B-tree disortir di kunci pencarian, dan dapat dicari secara efisien di setiap subset yang terdepan dari kunci pencarian. Sebagai contoh, satu indeks di kolom A, B, C dapat dicari secara efisien di A, A, B, dan A, B, C.Sebagian besar buku berisi satu indeks dari kata-kata umum, nama, tempat, dan seterusnya.
Database berisi indeks yang individu untuk jenis atau kolom yang terpilih dari data: ini serupa dengan sebuah buku yang berisi indeks untuk nama dari orang dan indeks lain untuk tempat. Ketika anda membuat suatu database dan menadaptkan kinerja, anda perlu membuat indeks untuk kolom yang digunakan di dalam query untuk menemukan dataDalam contoh database, tabel karyawan mempunyai satu indeks di kolom emp_id.
Ilustrasi yang berikut menunjukkan bagaimana indeks menyimpan masing-masing nilai emp_id dan poin-poin ke baris Ketika aplikasi database melaksanakan suatu statemen untuk menemukan data dalam tabel karyawan berdasar suatu nilai emp_id yang ditetapkan, mengenali indeks untuk kolom emp_id dan menggunakan indeks itu untuk menemukan data. Jika indeks tidak ada, melaksanakan suatu permulaan scan tabel yang penuh pada awal tabel dan melangkah melalui masing-masing baris, mencari-cari nilai emp_id yang ditetapkan.
Aplikasi database secara otomatis membuat indeks untuk jenis tertentu dari batasan (sebagai contoh, KUNCI UTAMA dan batasan UNIQUE ). Anda dapat lebih lanjut menyesuaikan definisi-definisi tabel dengan menciptakan indeks yang tidak terikat pada batasan. Manfaat kinerja dari indeks, bagaimanapun, memerlukan biaya. Tabel dengan indeks memerlukan lebih banyak ruang(space penyimpanan dalam database. Juga, perintah agar sisipan, pembaruan, atau penghapusan data mengambil lebih panjang dan memerlukan lebih banyak waktu proses untuk memelihara indeks.
Ketika anda mendisain dan membuat indeks, anda perlu memastikan bahwa kinerja bermanfaat bagi berberapa lebih (dibanding) biaya tambahan dalam ruang (space penyimpanan dan memproses sumber daya).

Cara Membuat Indeks Buku dengan MS Word 2007


Indeks buku diperlukan untuk memudahkan pembaca (yang paham) dalam mencari nama atau istilah yang disebutkan dalam buku. Bila kita membuat indeks dengan cara membaca dan mencari satu persatu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. MS Word memberikan fasilitas untuk membuat indeks secara alfabetis.

Cara Membuat Indeks

Untuk membuat indeks, terlebih dahulu kita harus menandai istilah-istilah (entri) yang akan dimasukkan ke indeks. Setelah ditandai semuanya baru dilanjutkan dengan membuat dan menampilkan indeks pada dokumen.

Langkah Pertama : Memberi tanda Entri untuk Indeks

1. Buka dokumen yang akan dibuat indeksnya.
2. Pilih teks yang ada pada dokumen untuk dijadikan entri pada indeks.
Bila ingin menggunakan istilah baru, klik pada bagian yang ingin disisipkan entri untuk indeks (misalnya di dekat teks atau frasa tertentu).
3. Pada References tab, Index group, klik Mark Entry.
4. Ketik atau edit entri di kotak Main entry
5. Untuk membuat entri pendamping (cross-reference), pada bagian Options, klik Cross-reference dan ketik teks pada kotak di sampingnya.
6. Beri format nomor halaman pada indeks dengan mencentang kotak Bold (cetak tebal) atau Italic (cetak miring) di bagian Page number format.
7. Untuk menandai entri ini, klik tombol Mark atau klik tombol Mark All untuk menandai semua teks yang sama dalam dokumen.
8. Selanjutnya Microsoft Word akan mengaktifkan fitur Show All Formatting Marks yang akan menampilkan XE field untuk entri yang telah dibuat.
Note : untuk menghilangkan tampilan ini, pada Home tab, Paragraph group, klik Show/Hide atau tekan tombol CTRL + SHIFT + *.
9. Lanjutkan dengan membuat entri yang lain. Bila sudah selesai, klik Close untuk menutup kotak dialog Mark Index Entry.

Langkah kedua : Membuat Indeks
1. Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat indeks. Biasanya pada halaman terakhir dokumen.
2. Ketik judul halaman dan tekan Enter untuk memberi jarak antara judul dan isi indeks.
3. Pada References tab, Index group, klik Insert Index.
4. Pada tab Index, kita dapat melakukan hal berikut:
a. Centang kotak Right align page numbers, untuk membuat rata kanan nomor halaman. Pilih Tab leader yang ingin digunakan (penyambung teks dan nomor halaman berupa garis putus-putus, titik, dan sebagainya).
b. Columns, umumnya indeks terdiri dari 2 kolom. Bila ingin menambah atau mengurangi jumlah kolom, ubah angka pada kotak di sampingnya.
5. Klik OK.
6. Bila ada perubahan pada entri, klik pada indeks dan tekan tombol F9 untuk update.

Cara Edit atau Format Entri untuk Indeks
1. Aktifkan fitur Show All Formatting Marks untuk menampilkan XE field dengan mengklik Show/Hide pada Home tab, Paragraph group. Atau tekan tombol CTRL + SHIFT + *.
2. Cari XE field yang berisi entri yang ingin diubah. Contoh XE field: { XE " naskah" }.
Note : Cara lain mencari field, tekan CTRL + F, klik Special, dan kemudian klik Field. Klik tombol Find Next untuk menemukan XE field. Jika Anda tidak melihat tombol Special, klik More.
4. Untuk merubah atau memformat entri, ubah teks yang ada dalam petik dua.
5. Klik pada indeks dan tekan tombol F9 untuk update.

Cara Menghapus Entri untuk Indeks
1. Aktifkan fitur Show All Formatting Marks untuk menampilkan XE field dengan mengklik Show/Hide pada Home tab, Paragraph group. Atau tekan tombol CTRL + SHIFT + *.
2. Pilih XE field untuk entri yang akan dihapus, termasuk tanda kurung {}, dan tekan tombol DELETE.
3. Klik pada indeks dan tekan tombol F9 untuk update.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Yenny Martyani mengatakan...

terima kasih, informasi yang sangat bermanfaat!
salam kenal. Yenny

Poskan Komentar